Enrich your website with powerful apps



Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Selasa, 11 September 2012

Papua Punya Pantai Unik Berbatu Hitam

Pantai di Desa Tablanusu (Sastri/detikTravel)

 
Jayapura - Satu lagi bukti keajaiban Papua. Jika pantai biasanya diselimuti hamparan pasir, maka berbeda dengan Desa Tablanusu, Kabupaten Jayapura. Pantai di sini dipenuhi oleh batu hitam bertekstur halus dan berbentuk lonjong. Unik!

Dibutuhkan dua jam perjalanan dari Jayapura untuk menuju Desa Tablanusu. Tepatnya desa ini terletak di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Pantai ini punya sesuatu yang unik, berbeda dari pantai-pantai lain di Papua. detikTravel pun membuktikannya sendiri beberapa waktu yang lalu.

Sepanjang perjalanan menuju Desa Tablanusu dengan mobil, Anda akan naik-turun bukit sambil melihat pemandangan yang eksotis. Mulai dari pohon-pohon besar dan hijau hingga babi-babi liar di pinggir jalan. Tak hanya itu, dari bukit-bukit sepanjang perjalanan, Anda akan melihat desa cantik ini dari kejauhan. Cantik!

Saat tiba di desanya, ada hal menarik yang akan Anda temui. Desa ini sepenuhnya dilapisi batu-batu hitam. Batu-batu tersebut berbentuk lonjong dengan permukaan yang halus. Ini bukanlah batu biasa, cobalah berpijak di atas batunya dengan kaki telanjang. Rasanya seperti terapi!

Cukup 100 meter dari pintu masuk Desa Tablanusu, Anda akan menuju pantainya yang tak kalah menarik. Di sinilah terdapat pantai dengan bebatuan hitam yang sangat cantik. Uniknya lagi, meski tanahnya dilapisi oleh bebatuan hitam, pohon-pohon kelapa di tepian pantainya tumbu subur dan tinggi menjulang.

Pantainya sangat bersih. Tak ada sampah plastik atau pun lainnya yang berceceran di pantai. Ditambah dengan angin sepoi-sepoi, pantai berbatu hitam ini sungguh memesona. Tidak kalah cantik dengan pantai berpasir putih yang pernah Anda lihat.

Berjalanlah menyusuri pantainya. Di sana terdapat banyak gazebo yang menghadap ke lautan. Ada lima sampai enam gazebo yang mampu menampung sekitar 10 orang. Rebahkanlah badan Anda di sini dan bersantai menghabiskan waktu. Udara segar dan suasana yang tenang akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Desa Tablanusu adalah desa mungil yang dihuni oleh orang Papua yang ramah. Rumah-rumah penduduk dari kayu juga berjejer rapi di desanya. Tak ada lalu lalang kendaraan ada polusi. Udara jernih akan memenuhi paru-paru Anda di sini.

Pantai di Desa Tablanusu akan menjadi tempat terindah yang tak pernah Anda lupakan. Keluarkan kamera dan tangkaplah pemandangan cantik di sana tiap sudutnya. Pantai berbatu hitam ini menjadi bukti keajaiban Papua yang tak pernah habis.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts