Enrich your website with powerful apps



Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 12 September 2012

6 Tips Liburan Seru ke Hong Kong

img

Salisbury Road (Shafa/Travel)

Hong Kong - Liburan ke negara lain membutuhkan persiapan yang sedikit berbeda. Agar liburan ke Hong Kong bisa tetap berjalan lancar, ada baiknya mengetahui sedikit mengenai seluk beluk daerahnya. Inilah 6 tips seru liburan ke Hong Kong.

Mengetahui jenis toilet, mengetahui bahasa dasar dan tidak lepas dari peta, adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar liburan ke tempat asal Bruce Lee ini bisa berjalan lancar. Disusun detikTravel, Kamis (6/9/2012) berikut 6 tips asyik berlibur ke Hong Kong:

1. Cek temperatur di sana

Meski Hong Kong memiliki 4 musim, namun akhir-akhir ini jarang sekali bisa merasakan musim gugur dan semi. Yang paling lama berlangsung di sana adalah musim panas dan musim dingin. Saat musim panas, udara bisa mencapai 34 derajat. Temperatur akan di angka yang tetap meski sudah malam. Sedangkan saat musim dingin, walaupun tanpa salju, angin dan suhu rendah akan menghiasi hari-hari Anda.

Saat musim panas, ada baiknya menggunakan pakaian tipis yang menyerap keringat. Jangan lupa membawa topi atau payung karena matahari cukup terik dan angin cukup jarang berhembus. Sediakan air mineral di dalam tas Anda agar bisa minum kapan saja. Saat musim dingin, siapkan payung dan baju yang cukup hangat untuk melawan angin. Puncak musim panas ada di bulan Agustus dan puncak musim dingin ada di Februari.

2. Siapkan tisu basah di tas

Bagi traveler yang tidak terbiasa dengan toilet kering, wajib hukumnya untuk membawa tisu basah. Baik toilet di hotel atau umum hanya memiliki kertas tisu untuk membersihkan kala buang air. Jika sudah begini, tisu basah jadi andalan utama saat ingin ke toilet.

Tak perlu membawa tisu kering karena selalu tersedia di toilet. Jika masih tidak terbiasa dengan tisu basah, Anda bisa membawa serta air ke dalam toilet.

3. Pelajari bahasa dasar

Hong Kong mempergunakan bahasa Canton sebagai media komunikasi sehari-hari. Tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa kalimat sederhana yang bisa memudahkan Anda saat sedang traveling ke sana. Berikut beberapa kalimat sederhana yang bisa digunakan untuk komunikasi dasar di Hong Kong:

a. Em koi : Terima kasih atau tolong
b. Em koi sai: Terima kasih banyak
c. Em yeu: tidak ingin
d. Em hai: bukan
e. Em citou: Saya tidak tahu

Beberapa penduduk lokal sama sekali tidak mengerti bahasa Inggris, sehingga bisa mengetahui bahasa setempat bisa menolong Anda. Jangan ragu untuk mengucap kata-kata tersebut karena mereka akan sangat senang mendengar turis asing bisa berbahasa Canton.

4. Harus disiplin

Yang harus diingat, Hong Kong cukup ketat dalam peraturan. Jika Anda seorang perokok, pastikan merokok di tempat yang aman dan bebas kena denda. Jangan sampai Anda didenda beribu-ribu Hong Kong Dollar karena merokok sembarangan. Penumpang kendaraan umum tidak boleh makan dan minum selama berada di atas kendaraan. Jadi jangan sampai Anda diusir karena makan dan minum di dalam kendaraan.

Saat naik eskalator dan tidak buru-buru, berdirilah di sisi kanan karena sisi kiri digunakan untuk mereka yang ingin berjalan cepat. Hong Kong juga juara dalam urusan mengantre. Jangan sampai diprotes orang karena tiba-tiba memotong antrean taksi ya!

5. Teliti sebelum membeli

Sebagai pusatnya pertokoan, Hong Kong juga dianugerahi dengan barang-barang berkualitas namun memiliki harga yang lebih miring dibanding dengan di beberapa tempat lain. Tak heran beberapa turis sengaja datang ke sini untuk wisata belanja. Tapi hati-hati saat membeli.

Telitilah dalam memilih barang. Apalagi saat belanja di pasar malam, usahakan meneliti dengan baik dan benar barang-barang pilihan Anda. Banyak barang KW dengan nama merk menyerupai barang asli. Jangan salah membeli, ya.

Menurut Om Willie, pemandu detikTravel saat sedang melancong ke Hong Kong minggu lalu, ada dua toko yang memiliki kualitas barang elektronik dan harga terbaik seantero Hong Kong. Datang saja ke Toko Fortress atau Toko Broadway. Di sana sudah pasti terjamin barangnya asli dan memiliki harga yang paling baik.

6. Selalu pegang peta

Terakhir, jangan pernah lepas memegang peta. Hong Kong adalah kepulauan yang penuh dengan bangunan. Agak sulit menentukan jalan dan arah jalur MTR. Agar tidak tersasar, bawa selalu peta yang tersedia di booth Hong Kong Tourism Boad.

Tak sulit menemukan booth ini. Hampir di setiap area publik seperti bandara, terminal ferry dan MTR terdapat booth ini yang berisi berbagai peta Hong Kong. Bahkan peta-peta tersebut terbagi menjadi beberapa tema seperti belanja, alam dan budaya.
Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts