Enrich your website with powerful apps



Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 12 September 2012

Bangkai Kapal Costa Concordia Kini Jadi Objek Wisata

img

Kapal Costa Concordia yang terkenal (Amusing Planet)

Italia - Masih ingat dengan Costa Concordia? Kapal pesiar ini tenggelam pada bulan Januari lalu. Tujuh bulan setelah peristiwa tersebut, ternyata bangkainya malah menjadi objek wisata.

Pada tanggal 13 Januari 2012 lalu, sebuah kapal pesiar bernama Costa Concordia kandas di lepas pantai Italia. Kapal tersebut tenggelam sebagian badannya setelah menghantam karang di Tuscsan dekat Pulau Giglio, Italia. Karang tersebut merobek lambung kapal saat ingin bersandar di pelabuhan.

Seketika air masuk dan membanjiri ruang mesin. Mesin penggerak rusak dan listrik padam di kapal yang mengangkut 4.299 orang termasuk 3.000 orang turis dan lebih dari 1.000 awak kapal ini. Kemudian hingga saat ini Costa Concordia 'parkir' di dekat pulau di sebelah barat Italia tersebut.

Di bulan Juni lalu, Pulau Giglio mendadak ramai dikunjungi wisatawan. Sebelumnya, pulau ini memang dikenal punya beberapa spot untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Namun ternyata wisatawan yang datang tidak hanya berniat menikmati alamnya saja, mereka datang untuk menyaksikan bangkai kapal Costa Concordia.

Peningkatan jumlah pengunjung tersebut juga disampaikan oleh Wali Kota Giglio, Sergio Ortelli. "Telah terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang datang setiap harinya. Mereka nampak penasaran dengan kapal besar yang terjungkal di antara bebatuan," ungkap Sergio Ortelli yang dikutip detikTravel dari Amusing Planet, Rabu (12/9/2012).

Banyak agen wisata di Italia menggembor-gemborkan paket perjalanan tersebut. Dengan membayar tiket sebesar 10 Euro atau sekitar Rp 123.000, Anda akan diajak jalan-jalan sambil mengenal sejarah kapal dan beberapa spot di sekelilingnya.

Para wisatawan tampak antusias dan terheran-heran dengan kapal Costa Concordia. Sebabnya, kapal pesiar tersebut hanya tenggalam sebagian badannya. Bagian badan lainnya terlihat masih utuh di permukaan air.

Operasi penyelamatan bangkai kapal juga sudah menjadi wacana. Lambung kapal yang bocor akan segera ditambal. Kemudian kapal akan diangkat menggunakan pelampung raksasa agar mudah ditarik ke tepi laut. Namun, rencana ini dinilai tidak mudah. Dibutuhkan waktu setidaknya 7 sampai 10 bulan untuk mengeksekusi kapal.

Setelah kapal berhasil ditarik, nantinya wisatawan pasti akan berkurang drastis. Tapi, selama kapal masih teronggok di antara karang, Anda punya kesempatan untuk datang menyaksikannya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts