Enrich your website with powerful apps



Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 12 September 2012

5 Tips Membawa Dolar Saat Traveling

img

(dok. Thinkstock)

 
 
Jakarta - Saat traveling ke luar negeri, uang dolar terutama AS menjadi mata uang utama. Namun, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat membawa dolar ke luar negeri.
 

Uang dolar terutama AS membutuhkan perhatian khusus. Money changer di Indonesia kerap bawel dengan kondisi uang dolar. Selain itu banyak hal yang bisa terjadi saat traveling yang akhirnya mempengaruhi nilai tukar dolar Anda.

Disusun detikTravel, Senin (3/9/2012) berikut adalah 5 tips membawa dolar saat traveling:

1. Minta dolar keluaran terbaru

Saat membeli dollr di Indonesia, mintalah selalu dolar keluaran terbaru. Kalau Anda tidak hafal kode serinya, perhatikan saja tahun cetakan.

Untuk sekarang, selalu minta keluaran tahun 2012, atau setidaknya cetakan 2011. Jangan mau diberi uang dolar dengan tahun cetak lebih tua dari itu, karena jika dijual kembali, nilainya sudah turun.

Biasanya money changer tidak pernah memberi tahu Anda soal ini. Jadi, Anda lah yang harus meminta kepada mereka. Kalau mereka ngotot, Anda berhak meminta dolar tersebut dengan nilai tukar lebih rendah.

2. Tempatkan uang dolar dalam amplop

Tahukah Anda uang dolar yang tertekuk bisa menurunkan nilai tukar di Money Changer? Nilai tukar dolar yang masih rapi dan belum rusak berbeda dengan nilai dolar yang sudah cacat atau pun tertekuk. Oleh karena ini, usahakan untuk menempatkan dolar dalam amplop, dan hindari menyimpannya dalam dompet.

Namun, untuk dolar pecahan kecil atau yang pasti akan dipakai untuk berbelanja, Anda boleh menyimpannya di dompet. Ini karena uang yang akan dipakai sudah pasti dibelanjakan di toko-toko dengan nilai yang sama. Sebaliknya, uang yang tidak dipakai masih ada kemungkinan untuk ditukar di Money Changer. Jadi, Anda harus merawatnya lebih baik.

3. Belanjakan dolar mulai dari pecahan terkecil

Kalau berniat untuk menyisakan uang dollar Anda, sebaiknya jagalah pecahan 100 dollar. Belanjakan uang dollr dengan pecahan lebih kecil terlebih dahulu di luar negeri.

Sekembalinya Anda dari luar negeri, Anda bisa tukar pecahan 100 dolar yang tersisa itu. Dollar dengan pecahan kecil dihargai lebih murah di Indonesia, Anda merugi.

4. Hati-hati jika menukar dolar di luar negeri

Ketika menukar dollr di luar negeri, perhatikan setiap lembar mata uang yang Anda terima. Jangan terima dolar yang telah ada cap, tulisan, kusut atau pun kerusakan yang lainnya.

Kerusakan jenis apa pun yang terdapat di dolar, bisa menurunkan nilai tukarnya ketika Anda menukar di Money Changer Indonesia. Jadi, meskipun menukar di luar negeri, jangan terima dolar yang cacat.

5. Belanjakan dolar yang cacat

Jika ternyata Anda memiliki dolar yang sudah kusut, kotor, ada cap atau pun kerusakan lainnya, sebaiknya dibelanjakan saja. Para penjual di negara tujuan tidak mempermasalahkan dolar yang rusak, yang berarti nilai mata ini tidak menurun.



 Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts