Enrich your website with powerful apps



Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kamis, 18 Oktober 2012

Adobe Photoshop Membuat Efek Bayangan Air

Artikel kali ini tentang belajar adobe cs bagaimana cara membuat efek bayangan dalam air. Untuk memulai membuat bayangan dalam air terlebih dahulu sediakan satu buah objek yang nantinya akan diberikan efek bayangan dalam air.



Langkah pertama adalah  buka objek gambar yang akan diberi efek bayangan dalam air (seperti gambar di atas) kemudian ikuti langkah berikut :
 
Karena yang saya gunakan di sini adalah objek gambar dengan ukuran  300px kali 225px. maka saya harus menambahkan ukuran kanvas pada bagian bawah objek gambar sebenarnya sehingga nantinya menjadi tempat ditempatkannya bayangan dalam air. Bila anda menggunakan ukuran objek gambar yang berbeda tinggal menyesuaikan saja dengan ukuran objek tersebut.

Tambahkan tinggi kanvas menjadi dua kali ukuran sebenarnya dengan cara klik menu Image - Canvas size maka akan muncul jendela canvas size sperti berikut :



Kemudian tentukan ukuran dalam format pixels (lihat gambar) setelah itu klik di bagian atas kotak anchor, ini dimaksud agar bagian kanvas yang ditambahkan adalah bagian bawah objek gambar sehingga hasilnya akan menjadi seperti gambar berikut ini. (perhatikan gambar dengan teliti dan lihat perbedaannya).



Klik OK sehingga hasil gambarnya akan menjadi seperti berikut :


Tekan tombol Alt + Shift (tanpa tanda plus ya...) kemudian gunakan Move Tool klik dan geser obyek atau gambar tersebut ke bawah sehingga akan menjadi seperti berikut :


Langkah selanjutnya adalah membalikan gambar tersebut secara vertikal sebesar 180 derajat karena bayangan dalam air adalah terbalik dengan objek sesungguhnya, caranya Gunakan Rectangular Marquee Tool untuk memilih area gambar duplikat (gambar bagian bawah) kemudian klik menu Edit -transform dan klik Flip Vertcal sehingga gambar akan berubah seperti berikut :


Klik menu Filter - Distort - Polar Coordinates kemudian pilih Rectangular To Polar dan klik OK
Klik menu Filter - Distort - ZigZag dan atur amount -8 dan ridges 5 kemudian klik OK
Klik menu Filter - Distort - Polar Coordinates kemudian pilih Polar To Rectangular dan klik OK sehingga hasilnya akan menjadi seperti berikut :

Klik menu Image - Adjustments brightness - Brightness/Contras dan ubah  brightness menjadi 0 dan contras -50.
Klik menu Select kemudian pilih Deselect sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar berikut :


Langkah-langkah untuk membuat bayangan dalam air sudah selesai, selamat berkreasi, semoga artikel belajar photoshop ini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog BangbADai.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Posts